Cari Blog Ini

Rabu, 25 Mei 2011

Kajian Al-Qur'an (Muttaqiin, Kafirin dan Munafikin)

Pelajaran hari pertama

Manusia itu dibagi menjadi 3 golongan : 
  • Muttaqin (orang-orang yang bertakwa) 
  • Kafirin (ornang-orang kafir 
  • Munafikin (orang-orang munafik)
1. MUTTAQIIN

Muttaqin adalah orang-orang yang bertakwa kepada Alloh, itulah orang – orang yang dapat petunjuk dari Alloh SWT melalui kitab suci alqur’an sebagaimana disebutkan di dalam surat Al-baqarah ayat nomer 2 : “Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Siapakah orang-orang yang disebut sebagai Muttaqiin itu ? Yaitu orang-orang yang memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Orang-orang yang percaya (beriman kepada Alloh) - Al Ghoib
  2. Mau menegakkan sholat
  3. Menafkahkan rizqinya di jalan Alloh
  4. Percaya kepada kitab suci al-Qur'an dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya (Taurat, Zabur dan Injil)
    Itulah orang-orang yang dapat petunjuk dari Tuhannya, dan itulah orang-orang yang beruntung.

Jumat, 20 Mei 2011

TANPA WATON

syair Tanpo Waton
karya KH. Abdurrahman Wahid (gus Dur)

astagfirulloh minal khootooya…
robbi zidni ilmannaafii’ah…
wawaffikni amalansolihah…
yarosulalloh salammunalaik…
yaarofiasaaniwaddaaroji…
atfataiyazi rotal aalaamin…
yauuhailaljuu diwaalkaromi…
yauuhailaljuuu diwalkaromi…
Ngawiti ingsun nglaras syi’iran ….(memulai aku olah-rasa syi’iran)
Kelawan muji maring pengeran ….(dengan memuji kepada Tuhan)
Kang paring rohmat lan kenikmatan ….(yang memberi rohmat dan kenikmatan)
Rino wengine tanpo petungan 2X ….(siang dan malamnya tanpa hitungan)
duh bolo konco priyo wanito ….(duh para teman pria dan wanita)
ojo mung ngaji syareat bloko ….(jangan hanya mengaji sariat saja)
gur pinter ndongeng nulis lan moco ….(akibatnya pandai bercerita, menulis dan membaca)
tembe mburine bakal sengsoro 2X ….(esok hari bakal sengsara)
akeh kang apal Qur’an hadise ….(banyak yang hapal Qur’an dan haditnya)
seneng ngafirke marang liyane ….(senang mengkafirkan kepada orang lain)
kafire dewe dak digatekke ….(kafirnya sendiri tak dihiraukan)
yen isih kotor ati akale 2X ….(jika masih kotor hati dan akalnya)
gampang kabujuk nafsu angkoro ….(gampang terbujuk nafsu angkara)
ing pepaese gebyare ndunyo ….(dalam hiasan indahnya dunia)
iri lan meri sugihe tonggo ….(iri dan dengki kekayaan tetangga)
mulo atine peteng lan nisto 2X ….(maka hatinya gelap dan nista)
ayo sedulur jo nglaleake ….(ayo saudara jangan melupakan)
wajibe ngaji sak pranatane ….(wajibnya mengkaji dengan peraturannya)
nggo ngandelake iman taukhite ….(untuk mempertebal iman tauhidnya)
baguse sangu mulyo matine 2X ….(bagusnya bekal mulia matinya)
kang aran soleh bagus atine ….(Yang disebut soleh adalah bagus hatinya)
kerono mapan seri ngelmune …(karena mapan lengkap ilmunya)
laku thoriqot lan ma’rifate ….(melalui tarekat dan makrifatnya)
ugo hakekot manjing rasane 2 X …(juga hakekat meresap rasanya)
Alquran qodim wahyu minulyo …(Alquran qodim wahyu mulia)
tanpo tinulis biso diwoco …(tanpa ditulis bisa dibaca)
iku wejangan guru waskito …(itu petuah guru waskita/mumpuni)
den tancepake ing jero dodo 2X …(ditancapkan di dalam dada)
kumantil ati lan pikiran …(menempel di hati dan pikiran)
mrasuk ing badan kabeh jeroan ….(merasuk dalam badan dan seluruh hati)
mu’jizat rosul dadi pedoman ….(mukjizat rosul/Al-Qur’an jadi pedoman)
minongko dalan manjinge iman 2 X …(sebagai sarana jalan masuknya iman)
kelawan alloh kang moho suci …(Kepada Alloh yang Maha Suci)
kudu rangkulan rino lan wengi …..(harus merangkul/merapat siang dan malam)
ditirakati diriyadohi …(ditirakati diusahakan secara ihlas)
dzikir lan suluk jo nganti lali 2X …(dzikir dan suluk jangan sampai lupa)
uripe ayem rumongso aman …(hidupnya tenteram merasa aman)
dununge roso tondo yen iman …(mantabnya rasa tandanya beriman)
sabar nerimo najan pas pasan …(sabar menerima meski pas-pasan/qona’ah)
kabeh tinakdir saking pengeran 2X …(semua itu takdir dari Tuhan)
kelawan konco dulur lan tonggo …(terhadap teman, saudara dan tetangga)
kang podho rukun ojo dursilo …(yang rukunlah jangan bertengkar)
iku sunahe rasul kang mulyo …(itu sunnahnya rosul yang mulia)
nabi muhammad panutan kito 2x ….(nabi Muhammad tauladan kita)
ayo anglakoni sakabehane …(ayo jalankan semuanya)
Alloh kang ngangkat drajate …(Allah yang akan mengangkat derajatnya)
senajan ashor toto dhohire ..(Walaupun rendah secara dhohir)
ananging mulyo maqom drajate 2X …(namun mulia maqom derajatnya di sisi Allah)
lamun palastro ing pungkasane …(ketika tutup usia/meninggal di akhirnya)
ora kesasar roh lan sukmane …(tidak tersesat roh dan sukmanya)
den gadang alloh swargo manggone …(dirindukan Allah surga tempatnya)
utuh mayite ugo ulese 2X …(utuh jasadnya juga warna kafannya)
yarosulalloh salammunalaik…
yaarofiasaaniwaddaaroji…
atfataiyazi rotal aalaamin…
yauuhailaljuu diwaalkaromi…
yauuhailalzuuu diwalkaromi..

TAFSIR AL-IBRIZ

Tafsir Al Ibriz Lima’rifati Tafsiril Quranil Aziiz
Billughoh Al Jaawiyah
karya Kyai Bisri Musthofa Rembang

tafsir al-ibriz

Sebuah maha karya yang cukup fenomenal persembahan Kyai Bisri Musthofa, Rembang.
KH. Bisri Musthofa merupakan satu di antara sedikit ulama Islam Indonesia yang memiliki karya besar. Beliaulah sang pengarang kitab tafsir al-Ibriz li Ma’rifah Tafsir al-Qur’an al-‘Aziz. Kitab tafsir ini selesai beliau tulis pada tahun 1960 dengan jumlah halaman setebal 2270 yang terbagi ke dalam tiga jilid besar. Masih banyak karya-karya lain yang dihasilkan KH. Bisri Musthofa, dan tidak hanya mencakup bidang tafsir saja tetapi juga bidang-bidang yang lain seperti tauhid, fiqh, tasawuf, hadits, tata bahasa Arab, sastra Arab, dan lain-lain.
Selain itu, KH. Bisri Musthofa juga dikenal sebagai seorang orator atau ahli pidato. Beliau, menurut KH. Saifuddin Zuhri, mampu mengutarakan hal-hal yang sebenarnya sulit sehingga menjadi begitu gamblang, mudah diterima semua kalangan baik orang kota maupun desa. Hal-hal yang berat menjadi begitu ringan, sesuatu yang membosankan menjadi mengasyikkan, sesuatu yang kelihatannya sepele menjadi amat penting, berbagai kritiknya sangat tajam, meluncur begitu saja dengan lancar dan menyegarkan, serta pihak yang terkena kritik tidak marah karena disampaikan secara sopan dan menyenangkan 
Berikut sebagian kutipan dari kitab tafsir al ibriz tersebut (dalam bahasa Jawa)
Bimilahirohmanirrohim
Alhamdulillahi robbil alamin, washolatu wassalamu alaa asyrofil mursaliin sayyidina muhammadin wa aalihi wa shohbihi ajma’iin, amma ba’du
Alquran punika punika satunggaling kitab suci ingkang dipun turunaken dening Alloh Ta’ala dumateng kanjeng nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam ingkang kejawi dados mukjizat, ugi dados pitedah lan pepadhang tumraping kita  ummat islam sedaya. Saking mulyanipun al quran lan saking kanugrahanipun alloh ta’ala, sinten ingkang maos alquran senajan dereng mangertos makna utawi tegesipun tiyang wau sampun pikantuk pengebang-ebang ganjaran.

Alquranul karim sampun kathah dipun terjemah dining para ahli tarjamah : wonten ingkang mawi boso welandi, inggris, jerman, indonesia lan sanes sanesipun malah ingkang mawi tembung daerah, jawi, sunda lan sak panunggalanipun kuku-suku lajeng kathah. Kanthi terjemah-terjemah wau ummat islam saking sedaya bangsa lan suku-suku lajeng kathah ingkang saged mangertosi makna lan tegesipun.

Kangge nambahi khidmah lan usaha ingkang sae lan mulya punika, dumateng ngersanipun para mitra mulimin ingkang mangertos tembung daerah Jawi, kulo segahaken terjemah tafsirul quranil aziz mawi cara ingkang prasaja, entheng sarta gampil pahamanipun dene bahan-bahanipun terjemah tafsir ingkang kawula segahaken punika, mboten sanes inggih namung methik saking tafsir-tafsir mu'tabaroh kados tafsir Jalalain, tafsir baidlowi, tafsir khoozin, lan sak panunggalanipun.

Bentuk utawi wangunipun dipun atur kados ing ngandhap punika :

  1. Alquran dipun serat ing tengah mawi makna gandul
  2. terjemahipun ing pinggir kanthi tanda nomer, nomeripun ayat dumawah ing akhiripun, nomeripun terjemah dumawah ing awalipun.
  3. katerangan-katerangan sanes mawi tanda tanbihun, faidah, muhimmah, lan sak panunggalanipun
Tarjamah tafsir Qur'an punika kawula nameni :
"AL-IBRIIZ FII MA'RIFATIL TAFSIRIL QUR'AANIL AZIIZ" 

Mugi-mugi al-ibriz punka dipun paringana manfa'at fiddunya wal akhirah.
dumateng para kyai-kyai kados panjenenganipun almukarrom kyai arwani kudus, panjenenganipun kyai abu amar kudus, panjenenganipun kyai hisyam kudus panjenaipun kyai sya'roni kudus ingkang sampun sami kersa ambantu taftisy dateng al-ibriz punka, kawula aturaken jazahumullohu ahsanal jaza'. Wallohu waliyyut taufiiq.

BISRI MUSTHOFA

Kamis, 19 Mei 2011

Keutamaan Surat Yasin

SURAT YASIN JANTUNGNYA  AL QUR’AN

Imam Ja’far Ash-Shadiq (RA): “Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai hati, dan hati Al-Qur’an adalah surat Yasin. Barangsiapa yang membacanya sebelum tidur atau di siang hari sebelum bepergian, maka hari itu sampai sore hari ia tergolong pada orang-orang yang terjaga dan dikaruniai rizki. Barangsiapa yang membaca di malam hari sebelum tidur, Allah mengutus seribu malaikat untuk menjaganya dari keburukan semua setan yang terkutuk dan dari setiap penyakit; jika ia mati pada hari itu, Allah akan memasukkannya ke surga, tiga ribu malaikat hadir untuk memandikannya, memohonkan ampunan untuknya, mengantarkan ke kuburnya sambil memohonkan ampunan untuknya; ketika ia dimasukkan ke liang lahatnya para malaikat itu beribadah kepada Allah di dalam liang lahatnya dan pahalanya dihadiahkan kepadanya, kuburan-nya diluaskan sejauh batas pandang, diamankan dari siksa kubur, dan dipancarkan ke dalam kuburnya cahaya dari langit sampai Allah membangkitkannya dari kuburnya…” (Kitab Tsawabul A’mal, hlm 111).

Sayyiduna Ma’aqal ibn Yassaar (radiyAllau ‘anhu) meriwayatkan bahwa Rasulullah (sallAllahu ‘alayhi wasallam) bersabda, “Yasin adalah kalbu dari Al Quran. Tak seorangpun yang membacanya dengan niat menginginkan Akhirat melainkan Allah akan mengampuninya. Bacalah atas orang-orang yang wafat di antaramu.” (Sunan Abu Dawud). Imam Hakim mengklasifikasikan hadits ini sebagai Sahih di Mustadrak al-Haakim juz 1, halaman 565; juga at-Targhiib juz 2 halaman 376

Mengapa disebut sebagai Jantungnya Al-Qur’an?
  1. Surat Yaasin adalah satu-satunya surat yang diperintah oleh Rosululloh untuk dibacakan kepada orang menjelang sakaratul maut. “Iqra’ alaa mautakum Yaasiin, sebab Surah Yaasiin adalah jantungnya Al-qur’an dan orang yang meninggal adalah orang yang jantungnya sudah berhenti.
  2. QS Yaasiin itu Surat yang ke-36, komposisi 36 adalah 3 dan 6 sama dengan 9. Angka 9 adalah hitungan angka tertinggi, setelah Sembilan kembali ke angka 1 dan nol. Orang yang sakaratul maut itu sedang menghadapi hitungan terakhir dalam kehidupan ibarat angka dia sudah sampai di angka ke Sembilan. sedangkan kematian adala pisahnya ruh dengan Sembilan pintu jasmani manusia.
  3. Jumlah ayat di dalam surat yaasiin itu ada 83 ayat. Komposisi 83 terdiri dari angka 8 dan 3 sama dengan sebelas (11) --> 1 + 1 = 2, Kematian adalah perpisahan jasmani dan rohani
  4. Ayat paling awal bunyinya “Yaasiin”, ayat paling akhir bunyinya “ …. ilaihi turja’uun”. Shohabat Ibnu Abbas berkata bahwa "yasin" artinya "yaa ayyuhan naas", wahai manusia kalau digabungkan maka bunyinya wahai manusia sesungguhnya kepada Iuhanmu engkau kembali.
  5. Huruf paling awwal yaitu huruf  " YA " sedangkan huruf paling akhir yaitu huruf "SIN". Huruf Ya adalah huruf terakhir dalam susunan Huruf Hijaiyahh. Sedangkan huruf Sin adalah huruf terakhir di dalam Alqur'an. Itulah sebabnya kita diperintahkan untuk membacakan surat YAASIIN bagi orang yang wafat. Karena di awal dan akhir surat Yaasin itu sendiri menunjukkan huruf dan kalimat yang akhir, artinya membawa akhir kehidupan di dunia ini.

Bagaimana dengan Anda, sudahkah kita bacakan Surat Yaasin untuk orang-orang yang tercinta kita yang sudah wafat? Kalau belum lakukan mulai sekarang. (*471)



Minggu, 15 Mei 2011

SILSILAH RADEN SANTRI, SAYYID ALI MURTADLO

RADEN SANTRI, atau yang dikenal dengan nama Sayyid Ali Murtadlo adalah Putra dari Sayyid Ibrahim Asmorokondi. Sayyid Ali Murtadlo bergelar "Raden Santri Sayyid Ali Murtadlo Pandhito Wunut". Makamnya terletak di Desa Bedilan - Gresik. 

Dari Raden Santri inilah kemudian muncul istilah Santri. Kata Santri berasal dari Bahasa Arab dan Bahasa Sansekerta. Santri = San (Bahasa Arab insan, yang artinya manusia) dan Tri (Bahasa Sansekerta, yang artinya tiga). Jadi Santri adalah manusia yang bisa melaksanakan tiga hal, yaitu :

  1. Rukun Iman
  2. Rukun Islam
  3. Rukun Ihsan
 Santri juga berarti manusia yang bisa melaksanakan tiga hubungan :
  1. Hubungan kepada Allah, hablum minalloh
  2. Hubungan sesama manusia, hablum minan naas,
  3. Hubungan dengan alam

Santri juga berarti manusia yang bisa melaksanakan tiga shilaturrahim

  1. Shilaturrahim dengan orang-orang terdahulu
  2. Shilaturrahim dengan orang-orang pada zamannya
  3. Shilaturrahim dengan generasi yang akan datang
Tempat untuk mendidik agar manusia-manusia itu bisa menjadi Santri dinamakan Pesantren. Pesantren adalah tempat untuk mendidik calon-calon santri yang mampu mengaplikasikan Rukun Iman, Rukun Islam dan Rukun Ihsan dalam tataran kehidupan sehari-hari. Juga mampu menjaga hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama manusia dan hubungan dengan alam. Disamping itu Santri juga mampu menjalin shilaturrahim dengan orang-orang terdahulu, orang-orang se jaman-nya dan orang-orang yang akan datang.

Silsilah Raden Santri :

  1. Raden Santri  / Sayyid Ali Murtadlo bin
  2. Maulana Malik Ibrahim / Ibrahim Asmoro bin
  3. Syaikh Jumadil Qubro / Jamaluddin Akbar Khan bin
  4. Ahmad Jalaludin Khan bin
  5. Abdullah Khan bin
  6. Abdul Malik Al-Muhajir (Nasrabad,India) bin
  7. Alawi Ammil Faqih (Hadhramaut) bin
  8. Muhammad Sohibul Mirbath (Hadhramaut)
  9. Ali Kholi' Qosam bin
  10. Alawi Ats-Tsani bin
  11. Muhammad Sohibus Saumi'ah bin
  12. Alawi Awwal bin
  13. Ubaidillah bin
  14. Ahmad al-Muhajir bin
  15. Isa Ar-Rumi bin
  16. Muhammad An-Naqib bin
  17. Ali Uraidhi bin
  18. Ja'far ash-Shadiq bin
  19. Muhammad al-Baqir bin
  20. Ali Zainal Abidin bin
  21. Imam Husain bin
  22. Ali bin Abi Thalib dengan Fatimah az-Zahra bin
  23. MUHAMMAD SAW
Dalam rangka amenyerap nilai-nilai luhur filosofi Santri dan daya rohaniah Waliyulloh Raden Santri maka tiap malam jumat legi di makam Raden Santri dilaksanakan Dzikir Kautsaran. Kegiatan ini dimulai pukul 19.30 Wib.


papan nama di depan gerbang pintu masuk

 

JADWAL PELAKSANA KEGIATAN KAUTSARAN DI MAKAM RADEN SANTRI

Jadwal Pelaksanaan dan Penanggung jawab Kegiatan Kautsaran Rutin Malam Jumat Legi 
di Makam Raden Santri Gresik

1. Malam Jumat Legi 12 Mei 2011 : Kec. BENJENG
2. Malam Jumat Legi 16 Juni 2011 : Kecamatan Cerme
3. Malam Jumat Legi 21 Juli 2011 : Kecamatan Menganti
4. Malam Jumat Legi 29 September 2011 : Kecamatan Driyorejo
5. Malam Jumat Legi 24 Nopember 2011 : Kecamatan Kedamean
6. Malam jumat Legi 08 Desember 2011 : Kecamatan Wringinanom
7. Malam Jumat Legi 12 Januari 2012 Kecamatan Duduksampeyan

Kamis, 12 Mei 2011

Kautsaran Rutin di Makam Raden Santri

Santri dan Kiblat Rohani

Sebagaimana biasanya setiap Malam Jumat Legi warga Thoriqoh Shiddiqiyyah selalu mengadakan Kautsaran rutin di makam Raden Santri, Sayyid Ali Murtadlo di Jl. R. Santri Bedilan Gresik. Sayyid Ali Murtadlo atau yang lebih dikenal Raden Santri ini konon yang pertama kali memunculkan istilah "Santi" yang dalam perkembangannya kemudian tumbuh pesantren-pesantren di Pulau Jawa.

Istilah Santri merupakan gabungan dari istilah "San" (Bahasa Arab) yang berarti Insan atau Manusia dan "Tri" (Bahasa Sansekerta) yang berarti Tiga. Jadi Santri adalah manusia yang mampu menjalin hubungan atau komunikasi dengan Tiga hal pokok yaitu :
1. Alloh SWT
2. Sesama manusia
3. Alam Semesta

Dalam kesempatan kautsaran rutin malam jumat legi ini 12 Mei 2011 yang kedapuk sebagai panitia adalah warga shiddiqiyyah Kecamatan Benjeng. Sedangkan Mauidlotul Hasanah dan Doa Kautsaran dipimpin oleh Bapak Drs. Mohammad Nafi'.

Dalam keterangannya Bapak Nafi' banyak mengutip pesan mursyid terutama tentang Kiblat Sholat. Bahwasanya Kiblat Sholat itu ada 2, yaitu :
1. Kiblat Jasmani (Ka'baitulloh)
2. Kiblat Rohani (Qolbu, Hati)

Selasa, 10 Mei 2011

MINI DRAMA : MALIN KUNDANG SI ANAK DURHAKA

 MALIN KUNDANG

(BABAK I)

(Pada suatu hari, hiduplah sebuah kerajaan pesirir pantai wilayah Sumatra. Keluarga itu mempunyai seorang anak yang diberi nama Malin Kundang. Karena kondisi keluarga mereka sangat memprihatinkan dan Malin juga sudah tidak mempunyai ayah, maka Malin kundang memutuskan untuk pergi ke negeri seberang).
Malin Kundang : “Bu, besok aku akan pergi untuk mencari nafkah di negeri seberang dan aku akan kembali ke kampung halaman  setelah aku menjadi seorang yang kaya raya, bu !!!”
Ibu : “Ya nak hati-hati kamu disana. Besok ibu akan mengantar keberangkatanmu itu.”
Malin Kundang : “Baik Bu…”
(Keesokan harinya Malin Kundang diantar ibunya pergi ke laut untuk berlayar bersama seotang nahkoda kapal)
Malin Kundang : “Bu, aku berjanji pada ibu aku akan kembali ketika aku sudah menjadi seorang yang kaya raya nanti.”
Ibu : “ Ya nak ibu akan selalu mendo’akan kamu agar kamu baik-baik disana. Kamu juga jangan sampai lupa sholat nak.”
Malin Kundang : “ Ya Bu, aku akan mengingat pesan ibu. Sekarang aku pergi dulu ya Bu…”
Ibu : “ Ya Nak, hati-hati kamu.”
            (Selama di kapal Malin Kundang banyak belajar tentang ilmu pelayaran dan akhirnya dia sangat mahir dalam hal perkapalan, tiba-tiba kapal yang dinaiki Malin Kundang diserang oleh bajak laut. Beruntung Malin Kundang tidak dibunuh karena ketika peristiwa itu terjadi Malin segera bersembunyi di sebuah ruang kecil yang tertutup kayu)
 
Malin Kundang : “ Beruntung aku masih hidup dan terdampar di pulau ini. Kelihatannya di sana ada sebuah desa. Aku harus cari pertolongan. “
Aisyah : “ Kamu siapa, sebelumnya kau belum pernah melihat kamu di desa ini. “
            (Malin Kundang menceritaka kejadian yang sudah terjadi pada dirinya)
Aisyah : kalau begitu kamu tinggal di rumahku saja, kebetulan ada rumah yang tidak digunakan lagi tapi masih bisa diperbaiki.”
Malin Kundang  : “Terima kasih, kau memang gadis yang baik.”
            (Akhirnya gadis itu membawa Malin ke rumahnya dan memberi tahu ayahnya}
Ayahnya : “Siapa dia ini, nduk…?”
Aisyah : “Dia ini pemuda yang terdampar di pantai, Yah.”
Ayahnya : “Baiklah bawa pemuda itu ke dalam agar dia bisa mandi dan jangan lupa beri dia makanan.”
            (Keesokan harinya si gadis dipanggil oleh ayahnya)
Ayahnya : “Nduk.. coba kamu kemari !!!”
Aisyah  : “Wonten nopo, Yah???”
Ayahnya: “Bilang kepada pemuda itu lebih baik dia kerja di ladang ayah saja.”
Aisyah  : “Baik yah aku akan bilang kepada Malin.”
            (Setelah beberapa bulan dia bekerja di rumah gadis tersebut dia menjadi orang yang kaya dan dia ingin mempersunting gadis tersebut)
Malin Kundang : “Aisyah, boleh aku mengatakan sesuatu padamu?”
Aisyah : “Ya, kau mau bilang apa?”
Malin Kundang : “Sebenarnya aku mempunyai rasa cinta padamu dan aku ingin kau menjadi istriku.”
Aisyah : “Benarkah yang kau katakan?”
Malin : “Ya, Aisyah.”
Aisyah: “Ya, Malin aku mau menikah denganmu tapi kau harus meminta izin dulu pada ayahku.”
Malin : “Baiklah aku akan meminta izin dulu pada ayahmu.”
            (Beberapa saat kemudian Malin menemui ayah Aisyah)
Malin : “Pak….”
Ayah gadis : “Ya Malin, ada apa?”
Malin: “Aku ingin mempersunting anakmu, Aisyah. Akankah kau memberikan izin padaku, Please…..!”
Ayah gadis : “Baiklah karena kau sudah memohon padaku. Aku tidak tega melihat wajahmu itu, aku merestuimu.”
Malin : “Terima kasih Pak…. I love you… ups salah Aku cinta pada anakmu.”
            (Keesokan harinya merekapun menikah)


BABAK II

(Setelah beberapa lama menikah Malin dan isterinya melakukan pelayaran dengan kapal yang besar dan indah. Sedangkan ibu Malin Kundang yang setiap hari menunggu anaknya melihat kapal yang indah itu, masuk ke pelabuhan. Setelah ia melihat Malin dia yakin kalau ia adalah anaknya)
Malin : (Turun dari kapal)
Ibu Malin : “Malin Kundang anakku, mengapa kau pergi begitu lama tanpa mengirimkan kabar pada ibu?”
Malin : (Mendorong ibunya hingga terjatuh) “Hey, dasar kau wanita tak tahu diri. Sembarangan saja mengaku sebagai    buku? Ibuku sudah mati dan tidak mungkin aku punya ibu yang pengemis sepertimu.”
Aisyah : “Apa benar wanita itu ibumu, Malin….?”
Malin : “Tidak. Ia hanya seorang pengemis yang pura-pura mengaku sebagai ibuku agar bisa mendapatkan hartaku.”
(mendengar pernyataan dan diperlakukan semena-mena oleh anaknya, ibu Malin sangat   marah)
Ibu Malin : (Berdo’a) “Ya Allah, Kalau benar ia anakku, aku                                                      bersumah dia aka menjadi batu”
(Tidak lama kemudian tubuh Malin Kundang perlahan-lahan menjadi kaku dan lama-kelamaan akhirnya dia berbentuk menjadi sebuah batu karang)
            Akhirnya Malim Kundangpun berubah menjadi batu karena ucapan ibunya yang merasa diperlakukan semena-mena. Dan sampai sekarangpun legenda Malin Kundang masih dipercayai oleh orang Padang.




  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...