Cari Blog Ini

Rabu, 04 November 2020

pendidikan

Pendidikan itu adalah sesuatu yang penting, bukan hanya penting tapi Maha Penting. Mengapa? Seandainya tidak ada pendidikan maka Allah SWT tidak akan menciptakan alam semesta ini. Seandainya tidak ada pendidikan, maka Allah SWT tidak akan menurunkan 104 kitab suci di dunia ini, Seandainya tidak ada pendidikan Allah Ta'ala tidak akan mengutus 124.000 Nabi di muka bumi ini. 

Kitab Suci Al-qur'an tersusun dasri 114 surat, Surat yang pertama dinamakan Surat Al-Fatihah, artinya kunci pembuka. Di dalam Surat Fatihah itu ada satu ayat yang bunyinya "Alhamdulillahi robbil 'alamin". Alhamdu artinya segala sifat-sifat yang terpuji. Lillah, milik Allah. oleh karena Allah itu Maha Ghoib maka sifat-sifat yang terpuji itu juga ghoib, tidak terjangkau oleh panca indera manusia. Supaya manusia  dapat mengetahui sifat-sifat terpujinya Allah Ta'ala maka Allah menciptakan alam semesta. Robbil 'Alamin. Robbi itu tarbiyah, tarbiyah itu pendidikan

Pengertian kalimat Alamin mengandung maksud seluruh wujud selain Allah dan sifat-sifat Allah itu dinamakan alam. Ada alam benda, alam tumbuh-tumbuhan, alam malaikat, alam dunia, alam akherat, alam hayawan, alam maunia dan lain-lainnya. Mengapa seluruh alam itu dikatakan sebagai selain Allah. 

bersambung

Selasa, 03 November 2020

Berita dalam gambar

santunan nasional xvi

santunan nasional xvi

santunan nasional xvi

santunan nasional xvi

santunan nasional xvi

santunan nasioanal xvi

gladi bersih satnas xvi

gladi bersih satnas xvi

backdrop satnas xvi

kautsaran komar

rapat team s kades turirejo

rapat team s kades turi rejo

rapat kades turirejo

mantenan via-alfin

mantenan via alfin

mantenan via alfin

mantenan via alfin

mantenan via alvin

mantenan via alfin

mantenan via alvin

mantenan via alvin

jalan jalan ke 1001 cafe bunga

cafe 1001 bunga

ultah icha di 1001 bunga cafe


 

dokumentasi usaha umkm warga bringkang
















 

manunggaling kawula lan gusti

Nafsu Amarah

Dalam hidup dan kehidupan manusia selalu mempunyai harapan dan cita-cita. untuk mewujudkan harapan dan cita-citanya itu bermacam-macam cara dilakukan. Ada yang menggunakan cara-cara yang baik ada yang menggunakan cara-cara yang tidak baik. Cara-cara yang baik adalah suatu cara yang diajarkan oleh agama berdasarkan keimanan dan ketakwaan seseorang terhadap Tuhan nya. Adapun cara-cara yang tidak baik adalah cara-cara yang bertentangan dengan norma-norma agama dan norma-norma hidup di dalam masyarakat.

Orang yang cenderung mengikuti hawa nafsunya di dalam hidup dan kehidupannya, maka orang tersebut bisa dikatakan dikuasai oleh nafsu Amarah. Nafsu amarah adalah nafsu dengan kecenderungan berbuat jahat, melanggar perintah-perintah Allah, melanggar larangan-larangan Allah, melanggar norma-norma kemasyarakatan dan lain-lain.

Diantara tanda-tanda nafsu amarah yaitu :

  • Gampang tergoda oleh nafsu dan syaiton, Nafsu amarah senantiasa menyuruh seseorang untuk berbuat jahat baik dia mengerti atau tidak mengerti bahwa perbuatan yang dilakukan itu jahat atau tidak.
  • Tidak pernah menyesal akan perbuatan jahat yang telah dilakukan, justru terkadang merasa bangga dan gembira. Misalnya, meninggalkan sholat, meninggalkan perintah-perintah Allah, di dalam hatinya tidak ada penyesalan sedikitpun terhadap apa yang dia lakukan
  • Terlalu gembira apabila mendapat nikmat dan keberuntungan dan selalu berputus asa apabila ditimpa kesusahan dan kegagalan.
  • Sifat-sifat yang timbul akibat nafsu amarah ini diantaranya, sifah bakhil (pelit, medit), tamak, serakah, sombong, membangga-banggakan diri, hasud, dengki, dendam, khianat, dusta dan lain-lain.

"Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang" (QS. Yusuf: 53).

Nafsu ini memerintahkan seseorang kepada keburukan. Apabila ia mengajak kepada kebaikan, sesungguhnya di balik kebaikan itu menyimpan maksud yang buruk, maka hasil akhirnya juga buruk. Maka setiap keinginan nafsu harus dicurigai, tidak boleh begitu saja menerima.

Apabila seseorang di dalam hatinya bercokol tanda-tanda tersebut di atas maka termasuk golongan yang dihinggapi oleh Nafsu Amarah. Maka nafsu amarah ini harus dididik, dilatih, dilawan dengan bermujahadah, berdzikir, menimbah ilmu dan lain-lain agar nafsu ini tidak menguasai hati dan fikiran sehingga aktifitas dan tindakannya bisa lebih baik serta tidak melanggar norma-norma agama maupun norma-nrma kemasyarakatan.

Nafsu Lawwamah

Jika nafsu amarah terus dididik, dilatih dan diperjuangkan maka otomatis meningkat menjadi nafsu lawwamah. Di antara sifat-sifat orang bernafsu lawammah ialah :

  1. Mencela kesalahan diri sendiri.
  2. Selalu berfikir (bertafakur) mengenang dosa dan keburukannya.
  3. Rasa takut bila rasa bersalah apabila melakukan dosa dan kejahatan.
  4. Mengkritik terhadap apa jua yg dikatakan kejahatan.
  5. Mudah merasa riya’ iaitu hendak menunjuk-nunjuk kepada orang lain apabila membuat kebaikan.
  6. Mudah merasa sum’ah, iaitu ingin mmperdengarkan atau memberitahu atau menghebahkan kepada orang lain sesuatu kebajikan yg dibuatnya supaya mendapat pujian orang.
  7. Mudah juga merasa ujub, iaitu perasaan dalam hati yang merasakan dirinya lebih baik daripada orang lain, walaupun pada zahirnya ia menunjukkan sifat tawadhu’ atau tidak mahu terkenal atau pemurah. Sifat ini yang paling sukar dihapuskan.
  8. Sifat-sifat mazmumah yang lain dalam hati masih tidak mampu dilawan dan sedang menguasai hatinya.

Tahap nafsu lawwamah terdapat pada kebanyakan orang awam yang zahirnya kelihatan lebih baik daripada orang jahat. Orang yang bernafsu lawammah belum terjamin syurga untuknya, kecuali jika mendapat keampunan dan rahmat Allah s.w.t.

Oleh itu, jalan selamat bagi orang mempunyai nafsu lawwamah ini ialah dengan sentiasa bergaul dengan oran-orang baik dan sentiasa berada dalam lingkungan (suasana) yang baik. Ia hendaklah menjauhi kawan-kawan dan suasana yang tidak baik kerana hatinya mudah tergoda, terpengaruh dan terikut-ikut dengan kejahatan dan kemaksiatan.

Di antara langkah yang boleh dilakukan bagi memperbaiki nafsu ini supaya meningkat kepada nafsu yang lebih tinggi (bukannya menurun ke nafsu ammarah) ialah :

  1. Belajar dan berusaha utk melatih diri bermujahadah bagi melawan hawa nafsu dengan cara menanamkan rasa benci kepada maksiat dan menanam rasa cinta kepada kebajikan dan majlis-majlis ilmu.
  2. Melakukan zikrullah supaya hati lebih lembut.
  3. Berdoa bersungguh-sungguh memohon pertolongan Allah untuk memudahkan ia melawan nafsunya.
  4. Dapatkan  guru mursyid.

"Dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri)" (QS. Al-Qiyamah: 2).

Yang dimaksud dengan an-nafs al-lawwamah adalah jiwa orang Mukmin yang mencelanya di dunia atas kemaksiatan, memandang berat ketaatan, dan memberinya manfaat pada Hari Kiamat. Ketika seseorang memerangi nafsu ini dan ditekan terus supaya nafsu ini ikut kepada suatu yang benar menurut syariat, maka seorang pun takkan mampu mengalahkan nafsu ini. Kemudian nafsu ini akan kembali ke pemiliknya dengan dicela-cela dirinya.

Nafsu Mutmainnah

"Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya" (QS. Al-Fajr: 27-28).

An-Nafs al-muthmainnah adalah yang senang kepada Tuhannya dan ridha terhadap apa yang diridai-Nya. Disifatinya jiwa itu dengan r?d?iyah (rida), karena ketenangannya kepada Tuhannya mendatangkan keridaannya atas apa yang telah menjadi takdir dan qadha. Dengan demikian, bencana tidak membuatnya marah dan kemaksiatan tidak membuatnya berpaling. Apabila hamba rida kepada Tuhannya maka Tuhan pun rida kepadanya.

  • Tenang menghadapi perintah-perintah Allah
  • Tenang menghadapi larangan-larangan Allah
  • Tenan menghadapi apapun yang terjadi di dunia ini

 


 (bersambung)

Jumat, 30 Oktober 2020

Mengenal Lebih Dekat Desa Pasinan Lemah Putih Tempat Santunan Nasional XVI

 Desa Pasinan Lemah Putih selayang pandang

 

Pelantikan Nur Cholik, S.Sos sebagai  Sekdes Pasinan Lemah Putih

Visi : 
 
Membangun Desa Pasinan Lemahputih dan meningkatkan taraf hidup masyarakat desa seutuhnya” 
 
Misi :  
  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang baik, untuk pelayanan masyarakat yang tepat, cepat dan akurat
  2. Melaksanakan pembangunan infrastruktur desa, Infrastruktur pertanian, sarana pendidikan dan sarana Perekonomian desa, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat
  3. Melaksanakan pembinaan kemasyarakan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan mutu Pendidikan formal dan non formal serta pengetahuan masyarakat,
  4. Melaksanakan Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha kecil dan menengah, pertanian dan peternakan serta menanggulangi kemiskinan

Desa Pasinan Lemah Putih termasuk salah satu desa yang berada di Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Berdasarkan data Administrasi Pemerintahan Desa tahun 2010, jumlah penduduk Desa Pasinan Lemah Putih adalah terdiri dari 1.109 KK, dengan jumlah total 3.655 jiwa, dengan rincian 1846 laki-laki dan 1.8048 perempuan.

Secara administratif, Desa Pasinan Lemah Putih terletak di wilayah Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sumbergede, Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sidorejo Kecamatan Jetis Kab Mojokerto, Di sisi Selatan berbatasan dengan Desa Perning Kecamatan jetis Kab Mojokerto di sisi timur berbatasan dengan Desa Sumberwaru

Jarak tempuh Desa Pasinan Lemah Putih ke ibu kota kecamatan adalah 7 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 45 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. 

Kepala Desa Pasinan Lemah Putih saat ini dijabat oleh Ibu Titin Setyoningsih, dimana beliau dinobatkan sebagai wanita inspiratif tahun 2020. Pendapatan rata-rata penduduk Desa Pasinan Lemah Putih Rp. 1,500.000,- / bulan. Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Pasinan Lemah Putih dapat teridentifikasi ke dalam beberapa sektor yaitu pertanian, jasa/perdagangan, industri dan lain-lain.

Desa Pasinan Lemahputih memiliki potensi yang sangat besar, baik sumber daya alam, sumber daya manusia maupun kelembagaan / organisasi. Sampai saat ini, potensi sumber daya yang ada belum benar-benar optimal diberdayakan.

Sejarah Desa Pasinan Lemah Putih

Dari sebuah cerita  “ Gugurnya Santri Diplomat Sunan Giri “ yang mengambarkan asal usul nama Desa Pasinan Lemah Putih.

Nyai Mas Umi Khadjah adalah seorang putri Sunan Kudus. Dalam suatu kesempatan, beliau diajak serta oleh ayahnya, yakni Sunan Kudus, dalam sebuah perjalan untuk bertemu dengan Sunan Giri. Dalam pertemuan tersebut, Sebagaiman biasanya pertemuan dua orang waliullah yang mengabdi pada pengembangan syair Islam guna menuju tegaknya syariat Islamiyah ditengah masyarakat, beliau selalu bertukar pendapat, berbagai dan meminta pendapat tentang masalah-masalah yang dihadapi di dalam perjuangannya.

Sebagai seorang putri dari seorang Sunan, Nyai Mas Ummi Khadjah telah pula dianggap sebagai putri sendiri olah Sunan Giri sebagai wujud dari persahabatan dan persaudaraan dalam perjuangan menegakkan Ukuwah Islamiah di tanah jawa. Sehingga Nyai Mas Ummi Khadjah berkesempatan langsung menyaksikan ayahnya berdiskusi dengan sunan Giri. Dalam kesempatan tersebut Nyai Mas Ummi Khadjah kagum terhadap kealiman Sunan Giri dalam berbagai masalah keagamaan, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan politik pemerintahan. Sebagai putri Sunan Kudus yang sejak balita telah belajar agama, Nyai Mas Ummi Khadjah merasa ia masih perlu belajar banyak dari Sunan Giri.

Keinginan Yai Mas Ummi Khadjah tersebut kemudian ia ungkapkan kepada ayah handanya . sunan Kudus belajar dan nyantri pada sunan giri sendiri. Merasah sebagai sebuah kehormatan diriny a dipercaya oleh sunan kudus untuk mendidik putrinya. Namu kedua waliullah yang arif dan bijaksan tersebut memintah Nyai Mas ummiKhodjah pulang terlebih dahulu ke kudus guna memohon ijin dan restu kepada ibundahnya.

Setelah berbekal ijin dan restu dari ibundahnya, Nyai mas ummi Khadjah berangatlah ke giri dengan perbekalan dan benerapa santri kepercayaan sunan kudus yang ditugasi menjaga dan mengantarkan Nyai mas ummi Khadjah. Rombongan tersebut berangkat dan sampai digiri tampah mengalami rintangan sedikit pun. Setelah diketahui oleh para santri sunan giri bawah rombongan tersebut merupakan rombongan putri sunan kudus, mereka langsung diantar menemui sunan giri di pesantrannya yakni giri kedaton. Nyai Mas ummi Khadjah ditermah oleh sunan giri selepas solat asar nyai mas ummi khadjah menyampaikan salam ayah handanya kepada sunan giri dan ijin serta restu ibundanya pada dirinya untuk nyantri pada sunan giri. Sunan giri segera faham atas apa yang sampaikan oleh putri kawan perjuangannya. Nyai mas ummi khadjah oleh sunan giri diberi tempat dilingkungan rumahnya sendiri di giri kedaton serta putri kandungnya.

Nyai mas umi khadjah selama tinggal di giri Kedaton menunjukknan kesungguhanya dalam mempelajari agama islam.Hari berganti bulan ,bulanpun berganti tahun.ada banyak pengetahuan tentang syariat islam yang telah dipelajarinya. Kini ia telah pula memulai pelajarannya tentang sosial kemesyarakatan disamping terus memperdalam tentang syariat islam .Nyai mas Ummi Khadjah menunjukkan bakat intlektualnya yang tinggi. Dengan mudah dan tekun ia terus belajar dan menyerap pengetahuan tersebut . Sunan Giri mersa senang atas kepadaian Nyai mas ummi khadjah,Sehingga dimulainnya pelajaran tentang politik pemerintahan. Nyai mas ummi khadjahwalau seorang wanita ternyata juga menunjukkan minat yang besar terhadap pelajaran politik pemerintahan yang di berikan oleh Sunan Giri. Nyai mas ummi khadjah tumbuh menampakkan figur kepemimpinan dengan dasar pengetahuan keislaman yang kuat.

Hingga suatu ketika sunan Giri menilai bahwa Nyai mas ummi khadjah telah mumpuni pengetahuannya di tengah kehidupan. Dipanggilnya Nyai mas ummi khadjah untuk menghadap Sunan Giri setelah shalat ashar. Sunan Giri menyampaikan bahwa Nyai mas ummi khadjah diminta untuk menjadi kurir sekaligus wakil dirinya ke kerajaan majapahit menemui penguasa kerajaan yang konon termashur itu. Nyai

mas ummi khadjah seakan tidak percaya akan besarnya kepercayaan Sunan Giri terhadap dirinya .Dengan segala hormat dan kepatuhannya, Nyai mas ummi khadjah menerima dengan senang hati tugas yang di embankan kepada dirinya, Menurut petunjuk Sunan, Nyai mas ummi khadjah Akan berangkat besuk shubuh dengan disertai beberapa orang santri lainnya.

Keesokan harinya sholat shubuh , Nyai mas ummi khadjah dengan di ringankan beberapa orang santri giri berngkat menuju majapahit, Tak ada kesulitan sedikitpun yang di alami Nyai mas ummi khadjah dalam perjalanan dijawab oleh Nyai mas ummi khadjah dengan penuh diplomatis yang digabungkan dengan kelembutan seorang wanita beradap sopan santun akhlaq mulia islami. Kagum raja Majapahit dihadapannya.

Sekembalinya dari kerajaan majapahit Nyai mas ummi khadjah menghadap sunan giri dan memberikan laporan atas telah dilaksanakannya tugas yang diberikannya beserta hasil – hasil persetujuan raja majapahit atas soal yang dibicarakan dalam pertemuan itu. Sunan Giri merasa puas tas segala laporan yang diterimanya.Sunan giri menilai bahwa Nyai mas ummi khadjah telah pantas mengemban tugas diplomat atas kepentingan syiar – syiar agama islam. Sehingga setiap kali ada permasalahan dengan majapahit yang penyelesaiannya dapat diwakilkan, sunan giriselalu menugasi Nyai mas ummi khadjah.

Namun malang tak dapat ditolak.Takdir adalah kehendak Allah sang maha pencipta ,dalam satu perjalanan pulang dari Majapahit, Nyai mas ummi khadjah Beserta beberapa santri giri yang menyertainnya dihadang oleh sekawanan begal.kawanan begal tersebut kecewa setelah tahu bahwa rombongan yang akan dijadikan mangsanya ternyata bukan rombongan pedagang yang banyak membawa bahan daganggan maupun uang, Kekecewaan tersebut mereka ungkapkan dengan marah dan memukuli para santri giri santri giri tidak mau dijadikan bulan – bulanan oleh kawanan begal yang hidupnya bertenangan dengan ajaran syariat islam.santri giri melakukan perlawanan. Perkelahian dlam jumlah yang tidak berimbang

segera terjadi.Seorang santri giri menghadapi hingga empat orang lawan.dalam waktu yang cukup singkat santri giri mulai kuwalahan dan satu persatu sahid sebagai syuhadak Islam.melihat kekelahan yang diderita oleh pihak santri giri, Nyai mas ummi khadjah mencoba untuk bersembunyi dibawah pohon terenggulun.namun oleh kawanan begal dikejar dn di temukan.tampak bertanya dan mendengar perkataan Nyai mas ummi khadjah ,kawan begal tersebut lagsung membunuh Nyai mas ummi khadjah dengan sebatang pedang.

Jasad para santri ini beserta Nyai mas ummi khadjah baru ditemukan penduduk setempat keesokan harinya.penduduk yang mengenali jasad tersebut segera melaporkan ke sunan giri . jasad Nyai mas ummi khadjah pada awalnya akan di antarkan ke kudus untuk dimakamkan disana.namun sunan kudus mengizinkan jenazah putrinya untuk dimakamkan di tempat sahidnya Nyai mas ummi khadjah beserta santrinya.karena kesucian kematian Nyai mas ummi khadjah beserta santri giri lainnya,maka tempat sahid dan kuburannya di sebut nama Dusun Lemah Putih yang kini juga menjadi nama desa. Wallahu'alam bishawaf (*471)

https://www.google.com/maps/vt/data=1ZHWkQMFJjjrPpvjOkj9kR--sKHtbhAJPoz8_BdSG1JgwCmj6guG02ZKZVfIIiF9OPPJhPp4ZvIR1cxbadu3pznI856ijsQDhKBrSIcGWtBb2VM6HTFkg5e-6AaadUPkP9dyZcp8-ttZHjJRH6gftPfi28pXQ7ipWmG67A2ZGHWmv5Hr4AT8kX2NIIP6gO5kB89m2MK6iCH1VBvsEakYl4CDOsvKH-f1t9ijGkjwGmaUruWOoNt9KvI
Pasinan Lempah Putih

Mengenal Susunan Pejabat Pemerintah Desa Pasinan Lemah Putih

  • Kepala Desa           : Titin Setyoningsih
  • Sekretaris Desa      : Nur Cholik, S.Sos
  • Kaur Perencanaan : Ismail, S.Pd
  • Kaur Keuangan     : Ayu Novi Bahagia, S.Pd
  • Kaur Umum          : H. Zaenal
  • Kasi PEMDES      : Mujianah, S.Sos
  • Kasi KESRA         : M. Taufiqur Rohman, S.Pd
  • Kasun Mrunggi     : Nayudi
  • Kasun Lemahputih : Shodikin
  • Kasun Sidokandeg  : Karmadi 

Sumber : Pemkab Gresik

  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...