Cari Blog Ini

Selasa, 06 Desember 2011

TAUBAT NASUCHA

Di dalam kitab Adzkiya' disebutkan : Taubat itu kunci dari segala kebaikan. Barangsiapa yang tidak mau bertaubat maka dia termasuk orang-orang yang dholim. faman lam ya'tub faulaaika humud-dlolimuun. Taubat itu Bahasa Arab, artinya kembali. Kembali kepada Allah. Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji'un.
 
Sesungguhnya kita semua ini dari Allah dan (akan) kembali kepada Allah.
Allah itu Maha Suci,
Allah itu Maha Adil,
Allah itu Maha Benar,
Allah itu Maha Memberi,
Allah itu Maha Mulya....

Jadi kita ini asalnya dari Dzat yang Maha Suci, dari Dzat yang Maha Adil, Dzat yang Maha Mulya oleh karena itu di dalam diri kita musti ada sifat-sifat kemulyaan. Ada sifat-sifat keadilan, ada sifat-sifat kesucian dan lain sebagainya. Kalau sifat-sifat yang baik di dalam diri kita yang bersumber dari Allah SWT itu hilang  akibat gelontoran hawa nafsu, tipu daya syetan dan hubbud-dunya, maka kita  harus bertaubat.
 
Firman Allah, wahai orang-orang yang beriman betaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya taubat. Sebagaimana dalam kehidupan sehari-hari kalau kita didholimi oleh orang lain kita pasti menolak, karena di dalam diri kita ada pancaran sifat adil. Kalau kita di hina orang pasti hati kita menolak karena ada sifat kemulyaan. Kadang-kadang didholimi tidak mau tapi dia sendiri berbuat dholim kepada orang lain, bahkan dholim kepada jutaan ummat manusia. Itu dosa besar. contohnya para koruptor, dia itu menghisap darahnya orang banyak. maka taubat di sini berarti kembali kepada fitrahnya. kullu mauludin  yuladu alal fitrah. semua manusia lahir dalam keadaan fitrah.

Semua manusia di dunia ini diberikan nikmat oleh Allah, baik berupa nikmat lahir maupun nikmat batin, wa asbagho alaikum ni'amahu dhohirotan wa bathinah.. (QS Luqman : 20)
Diberi nikmat hidup.
Diberi nikmat ilmu
Diberi nikmat akal
Diberi nikmat pikiran
Diberi nikmat alam semesta....
dlsb
 
Bahkan kalau kita menghitung-hitung nikmat Allah yang tak terhingga banyaknya ini tidak akan mampu. Semua manusia diberi nikmat oleh Allah akan tetapi tidak semua manusia bisa menerima nikmat Allah.

Orang yang bisa menerima nikmat Allah itu dinamakan hamba yang bersyukur, abdan syakuro. dan hamba allah yang bersyukur itu hanya sedikit sebagaimana disebutkan, qoliilan maa tasykurun, (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.(QS Al-Mulk : 23)
 
(to be continou...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...