Cari Blog Ini

Minggu, 13 September 2020

MUNAFIK

Apakah munafik itu?

Munafik adalah ketidak cocokan antara ucapan dan perbuatan. Tanda-tanda munafik ada 3, yaitu :

  1.  Apabila dipercaya khianat
  2. Apabila berjanji ingkar
  3. Apabila berbicara berdusta

Peringatan Allah dalam Al-Qur’an

أَوَلاَ يَرَوْنَ أَنَّهُمْ يُفْتَنُونَ فِي كُلِّ عَامٍ مَّرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ لاَ يَتُوبُونَ وَلاَ هُمْ يَذَّكَّرُون

Dan tidaklah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali setiap tahun, dan mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran? 

QS At-Taubah ayat 126

Kemunafikan adalah sifat yang tidak terpuji yang harus benar-benar kita hindari dan kita jauhi. Orang munafik selalu dan selalu berbohong dimana saja, dan kapan saja adanya, dalam keadaan apa saja. Kebohongan yang dilakukan ini untuk menutupi kebohongan-kebohongan yang telah dia perbuat sebelumnya. Sehingga dengan demikian orang munafik selalu berada dalam lingkaran kebohongan. Naudzubillah tsuma naudzubillah.

Mudah-mudahan kita dibimbing oleh Alloh SWT dari sifat kemunafikan...... 

ilustrasi

Munafik itu selalu tidak sama antara perbuatan dan hatinya. Ucapannya berkata A tapi sesungguhnya hatinya berkata B. Kemunafikan ini salah satu sifat hati yang sangat tercela yang harus diperangi oleh setiap manusia. karena sifat munafik ini sangat berbahaya bagi hidup dan kehidupan. Apabila sifat itu bercokol pada individu, maka akan merusak sendi-sendi kehidupannya sendiri. Apabila bercokol pada kepala keluarga maka keluarga itupun menjadi rusak karenanya. Apabila sifat munafik ini bercokol pada pemimpin maka rusaklah kepemimpinannya dan berakibat fatal bagi orang-orang yang di pimpin. Apa bila bercokol pada pemimpin negara maka rusaklah negara tersebut dan menyengsarakan banyak orang. 

Agar sifat munafik ini tidak bercokol pada diri kita maka usaha yang kita lakukan harus sering-sering introspeksi diri dan banyak-banyak berdzikir kepada Allah. Banyak-banyak berbuat baik kepada siapa saja karena sesungguhnya perbuatan baik itu bisa mengikis habis perbuatan-perbuatan yang buruk termasuk munafik.

Selanjutnya berusaha semaksimal mungking untuk selalu jujur, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Menjaga lesan dari perkataan yang tidak baik. Katakan yang benar walaupun itu pahit. Kalau tidak bisa berkata dengan benar lebih baik diam. 

Indonesia

Kita sebagai bangsa Indonesia sering menyaksikan para petinggi negeri ini berpidato tentang nasionalisme, kejujuran, dedikasi, membela rakyat, demi kepentingan bangsa dan negara dan sebagainya, tetapi dalam kenyataan justru sebaliknya bahkan tidak sedikit diantara mereka yang pada akhirnya masuk hotel pordeo karena kasus kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).

Bukan tidak mungkin sifat kemunafikan juga bercokol pada diri kita masing-masing, untuk itu cara yang paling efektif agar terhindar dari sifat munafik adalah sebagai berikut :

1. introspeksi diri

rosululloh saw bersabda, "berbahagialah orang yang senantiasa introspeksi diri, senantiasa mengkoreksi dirinya sendiri. karena dengan mengkoreksi dirinya sendiri tentu tidak sempat mengkoreksi orang lain. selalu berusah untuk lebih baik dalam hidup dan kehidupan.

2. Berbuat Kebaikan

Sungguh-sungguh berupaya untuk terus dan terus berbuat baik, dalam hubungannya dengan Sang Khalik maupun kepada sesama manusia. Hablum minalloh wa hablum minan naas.

3. Taubat

Mohon ampun kepada Allah, taubat, menyesal atas segala perbuatan dosa-dosa yang telah diperbuat, baik sengaja maupun tidak sengaja, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, dhohir maupun bathin. Semoga Allah SWT menjaga diri kita, keluarga kita, masyarakat, bangsa dan negara kita dari sifat-sifat kemunafikan, aamiin. 

Bagaimana pendapat Anda? (***471)


2 komentar:

  1. Boss.. apa arti nama "secangkir kopi"
    kenapa kok secangkir bukan 3 cangkir atau sembilan cangkir, kenapa kok kopi bukan air putih saja. kopi kan pahit.. baru manis kalo "secangkir kopi dan gula"

    kalo secangkir kopi kan yg menikmati smpeyan sendiri, kalo sembilan cangkir kopi kan yang merasakan 9 orang.

    masak dirasakan sendiri,,, bagi2 sesama gitu..

    BalasHapus
  2. heheheehe..... kopinya memang cuman secangkir bisa dirasakan oleh semua orang

    BalasHapus

  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...