Cari Blog Ini

Kamis, 03 September 2020

HARI BERSODAQOH BAGI MURID-MURID SHIDDIQIYYAH

Al Ayyamus Shodaqotu Li Ahlit Thoriqoh Shiddiqiyyah, atau hari bershodaqoh bagi ahli Thoriqoh Shiddiqiyyah ditetapkan tiap-tiap hari Ahad Kliwon. Ahad Kliwon adalah hari kelahiran Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah Syech Muchtaulloh Al-Mujtaba Mu'thi.

shodaqoh

Bahwa Allah SWT telah melimpahkan nikmat yang tak terhingga kepada ummat manusia, itu sesuatu yang tidak bisa dipungkiri.Allah Ta'la berfirman pada Surat Luqman ayat 20:


وَأَسْبَغَ عَلَيْكُمْ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَبَاطِنَةً ۗ

"Dan Allah menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin"

Dan apabila kamu menghitung-hitung nikmatku pastilah kalian tidak akan mampu. Ibaratnya manusi itu sesungguhnya tenggelam di dalam lautan kenikmatan. Setiap aktifitas hidup manusia pasti diliputi dengan lingkaran - lingkaran kenikmatan. Mulai dari bangun tidur, beraktifitas sehari-hari, bekerja, berkarya, berinteraksi sosial dengan masyarakat dan lain-lain sampai manusia tidur lagi semua ada dalam lautan kenikmatan. Hanya kadang-kadang saking banyaknya nikmat tersebut diberikan kepada manusia seringkali manusia lupa atau ingkar terhadap nikmat-nikmat tersebut.

Segala kenikmatan yang diterima oleh ummat manusia bersumber dan berpangkal tolak dari satu nikmat yaitu nikmat lahir dan nikmat hidup. Kesuksesan dalam berkarier, kesuksesan ekonomi, harta benda yang berlimpah, kedudukan tinggi dan lain-lain tidak akan pernah ada dan tidak akan pernah di dapat manakala yang bersangkutan tidak lahir dan tidak hidup. Oleh karena itu bersyukur atas nikamt lahir dan nikmat hidup menjadi sesuatu yang sangat wajib sifatnya. 

Bermacam-macam kenikmatan yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT kepada kita, sehingga dengan  mensyukurinya maka ada rasa kebanggaan dan kenikmatan tersendiri yang kita rasakan. Misalnya para petani yang mendapatkan hasil panen yang melimpah, tidak terkena hama dan penyakit. Kemudian petani tersebut bersyukur dengan bershodaqoh tumpengan dan lain.lain. Ada yang bersyukur karena usaha perdagangannya mendapat keuntungan yang melimpah. Ada yang bersyukur karena jabatannya naik. Ada yang bersyukur karena naik kelas, ada yang bersyukur karena bisa membeli kendaraan baru, bisa membeli rumah baru dan lain-lain.

Pertanyaannya, adakah diantara kita yang mengingat untuk mensyukuri nikmat karena kita dilahirkan di dunia ini ? Pernahkah kita menysukuri nikmat hidup kita yang telah dijadikan oleh Allah sebagai manusia? Padahal Allah SWT berfirma di dalam Al-Qur'an Surat An-Nahl ayat 78 : 

وَٱللَّهُ أَخْرَجَكُم مِّنۢ بُطُونِ أُمَّهَٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْـًٔا وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمْعَ وَٱلْأَبْصَٰرَ وَٱلْأَفْـِٔدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ Arab-Latin: Wallāhu akhrajakum mim buṭụni ummahātikum lā ta'lamụna syai`aw wa ja'ala lakumus-sam'a wal-abṣāra wal-af`idata la'allakum tasykurụn Terjemah Arti: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Referensi: https://tafsirweb.com/4426-quran-surat-an-nahl-ayat-78.html
وَٱللَّهُ أَخۡرَجَكُم مِّنۢ بُطُونِ أُمَّهَٰتِكُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ شَيۡـًٔا وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمۡعَ وَٱلۡأَبۡصَٰرَ وَٱلۡأَفۡـِٔدَةَ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Pada ayat tersebut di atas Allah menerangkan tentang awal mula kejadian manusia dilahirkan yang tidak tahu apa-apa dan tidak punya apa-apa dan pada akhirnya diperintahkan untuk bersyukur. Ada manusia yang dilahirkan pada hari Senin, ada yang lahir pada hari Selasa ada yang lahir pada hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan adapula yang lahir pada hari Ahad dimana semua itu dengan satu maksud "laallakum tasykuruun, agar kamu semua menjadi orang-orang yang bersyukur". 

Maka sesungguhnya perintah bersyukur itu diawali dengan mensyukuri nikmat atas kelahiran kita, nikmat telah dilahirkannya kita ke dunia ini sebagai wujud manusia. NIkmat-nikmat lain yang kita syukuri tidak akan pernah ada manakala kita tidak dilhairkan kedunia ini sebagai manusia.

Di dalam Al-Quran Surat Maryam ayat 15, Allah sendiri menghormati hari kelahiran Nabiyyulloh Yahya AS :

وَسَلَٰمٌ عَلَيۡهِ يَوۡمَ وُلِدَ وَيَوۡمَ يَمُوتُ وَيَوۡمَ يُبۡعَثُ حَيًّا

Kesejahteraan atas dirinya (Nabi Yahya AS) pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali. 

Pada ayat lain diterangkan bahwa Nabi Isa AS menghormati hari kelahirannya : 
 
وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا  
 
“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku (Nabi Isa AS) , pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.”” (QS. Maryam: 33)
 
'AN ABI QOTADATAL ANSHOORI RODLIYALLOO HU'ANHU : ANNA ROSUULULLOOHI SHOLLA LLOOHU 'ALAHI WASALLAMA, SU-ILA 'AN SHOUMI YAUMIL ITSNAINI FAQOOLA DZAALIKA YAUMUN WULID TU FIIHI WA BU-ITSTU FIIHI WA UNZILA 'ALAYYA FIIHI (rowahu Muslim / Buluughul Marom/Bab Shoumut Tathowwu'/ Hadits nomer 699)

Artinya: Keterangan dari Abi Qotadah Al Anshori RA: Sesungguhnya Rosululloh SAW ditanya tentang puasa hari Senin. Maka Beliau bersabda:"Di hari Isnen itu saya dilahirkan dan saya diangkat menjadi Rosululloh dan diturunkan kepada saya pada hari itu Al Qur-an".
 
Waktu Rosululloh SAW ditanya mengapa Rosul puasa hari Senin, Rosul menjawab bahwa pada hari Senin itu Rosululloh dilahirkan, sedangkan Rosululloh SAW itu adalah contoh yang baik, Rosululloh SAW derajat ketinggiannya tidak ada yang membandingi, meskipun demikian masih puasa hari lahirnya. Dan kita sebagai ummatnya, apakah tidak sebaiknya mencontoh Rosululloh SAW ?
Cukup mengherankan ada yang mengatakan bahwa orang puasa hari kelahiran itu adalah Bid'ah Dlolalah, perbuatan Bid'ah yang diancam Neraka, karena tidak ada dasar Al Qur-an dan Hadits Nabi. Kalau keterangan tersebut benar seperti itu maka Nabi Muhammad SAW diancam Neraka juga…!  Ini keterangan aneh bin ajaib, katanya tidak ada keterangan dalam Al Qur-an dan Hadits Nabi. 
Apakah betul tidak ada keterangannya dalam Al Qur-an dan Hadits, atau orang itu yang tidak bisa menemukannya? Kadang-kadang orang itu tidak menemukan dasarnya, langsung diambil kesimpulan tidak ada. Padahal tidak ada dengan tidak ketemu itu berbeda. Kalau dicari kemudian tidak ketemu itu bisa jadi. Adanya dicari karena memang ada kalau tidak ada mengapa dicar. Mencari sesuatu yang tidak ada kan sia sia.

Al ayyamus shodaqoh li ahli thoriqoh shiddiqiyyah

Kelahiran Sang Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah telah banyak memberikan manfaat bukan saja bagi murid-murid Shiddiqiyyah tetapi juga bagi kemaslahatan umat manusia di seluruh dunia. Oleh karena itu sudah sepantasnya jika murid-murid Shiddiqiyyah mensyukuri nikmat kelahiran Sang Mursyid dengan bershodaqoh dan berdoa Kautsaran sebagai manifestasi rasa syukur terhadap Mursyidnya. Bukan hanya itu hari kelahiran Sang Mursyid didtetapkan juga sebagai Hari Shodaqoh bagi Ahli Thoriqoh Shiddiqiyyah istilahnya Al Ayyamus Shodaqoh Li Ahlit Thoriqoh Shiddiqiyyah.


(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...