Cari Blog Ini

Selasa, 15 Desember 2020

ANTARA AMANAH DAN TANTANGAN

 RAPAT KERJA YAYASAN PENDIDIKAN SHIDDIQIYYAH CABANG GRESIK

PERIODE 2018 - 2023

Minggu, 13 Desember 2020 Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah Cabang Gresik, mengadakan Rapat Kerja di Jamiatul Mudzakkirin Dusun Kemorogan Desa Pranti Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

DPD Organisasi Shiddiqiyyah Kab. Gresik

Dalam rapat kerja tersebut hadir hampir seluruh pengurus YPS Cabang Gresik periode 2018 - 2023. Walaupun pengurus YPS Cabang Gresik ini baru dilantik beberapa waktu yang lalu tapi dari segi masa bahti kepengurusan adalah periode 2018 - 2023. Mengingat ada jeda kepengurusan di tahun-tahun sebelumnya dimana YPS Cabang sebelumnya dijabat oleh Ir. Sudjatmiko Hidayat.

Hadir pula dalam kesempatat rapat kerja tersebut antara lain : Santri Aji (DPD Orshid Gresik), Ibu Kumayatin (JKPHS Cabang Gresik), Nurcholik (Dhibra Daeah), dan sebagian pengurus Opshid (Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah) DPD Gresik.

Acara diawali dengan pembukaan, yadullohi alal jamaah dan pembacaan syair pohon shiddiqiyyah oleh Sdr. Anas Thohir. Dilanjutkan dengan sambutan ketua YPS Cabang Gresik sekaligus sebagai panitia penyelenggara.

Ketua YPS Cabang Gresik Hanif Junaidi

Dalam paparannya Hanif Junaidi mengatakan bahwa tugas YPS Cabang adalah dititik beratkan kepada bidang Dakwah dan Pendidikan disamping program-program yang lain seperti : Nidhomul Kamilah, BTQ, Kautsaran, usaha dan wisata. Sebagai oraganisasi tertua di lingkungan shiddiqiyyah YPS mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam rangka menumbuh kembangkan tumbuhnya pohon shiddiqiyyah di nusantara khususnya di bumi para wali Gresik ini.

Acara dilanjukan dengan sambutan Ketua DPD Organisasi Shiddiqiyyah Gresik. Dalam sambutannya Ketua DPD Orshid Gresik, Bapak Santriaji lebih banyak memaparkan tentang kiprah Yasayan Shiddiqiyyah Cabang Gresik dari waktu ke waktu. 

Dikatakannya berbicara shiddiqiyyah di Gresik tidak lepas dari berbicara Yayasan Shiddiqiyyah Cabang Gresik. Dimana YPS Cabang Gresik mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis bagi pertumbuhan dan perkembangan thoriqoh shiddiqiyyah di Kabupaten Gresik. 

Sebelum YPS Cabang Gresik diresmikan oleh Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyh pada tahun 1991 keberadaan murid-murid Shiddiqiyyah sulit terpantau. Komunitas warga shiddiqiyyah pada waktu itu berkelompok-kelompok sendiri-sendiri dimana atar kelompok yang satu dengan kelompok yang lain tidak saling mengenal.

Atas prakarsa Bapak Khalifah Nurmuhadi dan beberapa tokoh Shiddiqiyyah Gresik pada waktu itu diantaranya : Bapak Abdullah Said, Bapak Achmad Nafi' (Jogodalu), Bapak H. Fathur Rozak, Haji Mat, Asikin (Duduksampeyan), Ir. Kariadi, Aminuddin (Menganti) dan banyak tokoh-tokoh lain yang terlibat mereka mengadakan rapat-rapat intensif untuk mewujudkan terbentuknya Yayasan Pendidikan Cabang Shiddiqiyyah Gresik.

Setelah YPS Cabang Gresik terbentuk layar mulai terkembang, Pohon Shiddiqiyyah tumbuh dan bersemi di bumi para wali ini. Dengan keuletan dan ketelatenan, Bapak Khalifah Nur Hadi Ujung Pangkah mulai merajut benang-benang dakwah keliling dari satu kecamatan ke kecamatan yang lain. Satu persatu kelompok-kelompok kautsaran didatangi dengan penuh kesabaran. Muncullah bangunan bangunan sebagai titik sentral perjuangan dan dakwah. Sebut saja gubug-gubug perjuangan mulai didirikan di Dusun Kemorogan (JM sekarang), Gubug di Wringinanom, Gubug di Betiring (Baitul Ghufon, sekarang), Gubug di Sirnoboyo, di Jogodalu, di Karangrejo Ujungpangkah dan lain-lain.

Yayasan Shiddiqiyyah Cabang Gresik tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu, tongkat estafet perjuangan berganti dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sebut saja nama-nama seperti Ir. Bambang Nugroho (Semen Gresik), Achmad Zaini (Kedanyang), Santri Aji (Menganti), Ir. Sudjatmiko Hidayat (Manyar) dan Hanif Junaidi (Jogodalu, Benjeng) adalah orang-orang yang pernah memegang kendali kepengurusan YPS Cabang Gresik.

Program-Program YPS Cabang Gresik 2018 - 2023

Bidang Dakwah dan Pendidikan

  • Menginventarisir kelompok-kelompok kautsaran untuk terus dilakukan pembinaan-pembinaan agar tumbuh dan berkembang. Membuka kelompok-kelompok kautsaran baru di daerah-daerah yang belum terbentuk kautsaran. 
  • Mengadakan baiatan-baitan secara rutin, terprogram dan berkesinambungan
  • Mempertahankan Kautsaran Rutin di Makam Raden Santri sebagai kegiatan tingkat cabang yang wajib diikuti oleh warga shiddiqiyyah se kabupaten Gresik.
  • Melakukan penjadwalan kegiatan kautsaran tingkat Cabang di JM Pranti dan JM Panceng minimal satu tahun sekali
  • Memfasilitasi pelaksanaan Haul Bapak Khalifah Nur Muhadi
  • Mendirikan BTQ - BTQ meliputi perencanaan pembangunan, pelatihan ustadz-ustadzah dan sosialisasi kurikulum

Bidang Nidhomul Kamilah

  • Memfasilitasi warga Shiddiqiyyah yang ingin memiliki perangkat Al-Kamilah
  • Melakukan pelatihan-pelatihan Al-Kamilah 
  • Sosialisasi Al-Kamilah di kelompok-kelompok kautsaran 

Bidang Usaha dan Wisata Rohani

  • Menggali potensi-potensi warga dalam bidang usaha untuk selanjutnya memberikan pembinaan dan pelatihan-pelatihan
  • Melakukan terobosn-terobosan peluang-peluang usaha yang bisa mengankat ekonomi warga, misalnya dengan budidaya dan penanaman pisang dll
  • Mendorong warga shiddiqiyyah untuk proaktif menjadi anggota koperasi Khozanah Shiddiqiyyah
  • Membentuk team Wisata Rohani yang bertugas melakukan penyambutan tamu-tamu Shiddiqiyyah dari luar daerah yang ber-wisata rohani ke makam-makam waliyulloh di Gresik
  • Merencanakan kegiatan wisata rohani ke maqom-maqom mustajabah dan situs-situs bersejarah di lingkungan shiddiqiyyah

Itulah beberapa program yang telah dibahas dalam Rapat Kerja Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah di Jamiatul Mudzakkirin Dusun Kemorogan Desa Pranti. Semoga Allah SWT melimpahkan keridloan-Nya kepada kita sekalian.

Wassalamu 'ala manittaba'al huda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...