Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Desember 2020

JALAN RUSAK PARAH BERES OLEH SHIDDIQIYYAH

WARGA SHIDDIQIYYAH MENGANTI RAYA BHAKTI SOSIAL PERBAIKI JALAN RUSAK

Akibat guyuran hujan dengan intensitas tingi, maka jalan yang menghubungkan Desa Bringkang dan Desa Pranti rusak berat. Jalan ini bukan saja menghubungkan dua desa tersebut tetapi merupakan satu-satunya jalan yang menjadi poros transportasi dari wilayah Kecamatan Menganti dengan wilayah Kecamatan Kedamean dimana tidak kurang ada 5 desa yang dihubungkan, sebut saja Desa Bringkang, Desa Pranti, Desa Lampah, Desa Cermen Lerek, Desa Beton bahkan akses jalan ini tembusannya ke utara ke wilayah Kecamatan Benjeng, ke arah Barat masuk wilayah Mojokerto. 

kondisi jalan rusak parah seperti kubangan

Selepas hujan lebat, maka genangan-genangan air menempati lubang-lubang yang menganga di jalan. Tak jarang pengguna jalan terperosok akibat lubang-lubang dalam yang sudah tertutup oleh genangan air. Diperparah lagi batu-batu paving yang sudah porak poranda akibat digilas oleh kendaraan-kendaraan besar yang melebihi kapasitas ukuran.

Sebenarnya jalan yang menghubungkan antar desa ini kalau menilik kewenangannya adalah tanggungjawab dari Dinas Pekerjaan Umum Daerah Kabupaten Gresik. Mengingat kontur tanah yang lembek karena di kiri kanan jalan berupa persawahan dan tambak, maka setiap perbaikan jalan di sini tidak pernah bertahan lama. Dalam kondisi kerusakan yang sangat parah seperti ini tidak mungkin menunggu Dinas PU Kabupaten untuk turun tangan. Korban sudah banyak berjatuhan. Yang paling memprihatinkan ada seorang ibu-ibu bersama dua anaknya yang masih kecil terperosok di tengah jalan. Beruntung kendaraannya  tidak terpelanting ke tambak. Semakin hari semakin parah kerusakannya. 

para relawan menguras genangan air

Bagi warga Shiddiqiyyah jalan ini adalah satu-satunya akses jalan menuju Jamiatul Mudzakkirin Dusun Kemorogan Desa Pranti Kecamatan Menganti Gresik. Pernah suatu ketika selepas dzikir kautsaran di JM Pranti salah satu warga shiddiqiyyah sebut saja Bapak Sumito asal Desa Hulaan dalam perjalanan pulang terperosok di jalan ini. Apalagi dalam waktu dekat di JM Pranti akan diadakan Pelajaran Bimbingan Laa Haula oleh Bapak Khalifah Musta'in Karim. Tentu saja kelayakan jalan ini amat sangat vital. Belakangan malah kendaraan roda empat sudah tidak bisa lagi melewati jalan ini.

Atas dasar pemikiran tersebut, ditambah kepedulian terhadap keprihatinan pengguna jalan dan demi mengurangi jatuhnya korban lebih banyak lagi, maka murid-murid Shiddiqiyyah di wilayah Menganti Raya mengadakan bahti sosial untuk memperbaiki jalan ini. Dari shodaqoh spontanitas jamaah terkumpul dana cukup untuk membeli 3 truck pedel putih minimal untuk menguruk lubang-lubang yang menganga sehingga tidak membahayakan pengguna jalan.

material urug mulai diratakan

Untuk tersebut Bapak Ajib Zainal Arifin selaku sesepuh Shiddiqiyyah di Kemorogan menghubungi Kepala Desa Pranti dan alhamdulillah Bapak Lurah Pranti mendukung sepenuhnya ide dan gagasan tersebut dengan memberikan bantuan 3 truk sertu. Bukan hanya itu Bapak Lurah Hardi siyap menggerakkan warganya untuk membantu kerja bhakti.

Pagi itu, Jumat 18 Desember 2020 warga Shiddiqiyyah Menganti Raya dibantu sebagian Warga Desa Pranti gotong-royong untuk melaksanakan kerja bhakti perbaikan jalan. Tidak tanggung-tanggung Pak Lurah Pranti beserta perangkat desa-nya terjun langsung di tengah-tengah lapangan. Satu persatu material urug mulai berdatangan. Arus lalulintas sedikit tersendat karena diberlakukan sistim buka tutup. Dukungan warga yang melintas juga cukup tinggi terbukti dengan banyaknya camilan dan makanan ringan yang mereka bawakan untuk orang-orang yang kerja bakti.

Pemerintah Desa Bringkang yang selama ini terkesan diam dan tidak peduli merasa ikut terpanggil. Sebut saja kepala desa Bringkang Bapak Sukarno dari kantong pribadi ikut menyumbang 3 truck sirtu. Bukan hanya itu Pak Lurah Karno juga ikut terjun langsung di lapangan saat kerja bakti. Guyup dan gotong royong begitu kompak antar dua desa ini menyelesaikan persoalan kerusakan jalan yang menghubungkan antara desa ini. 


 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...