Cari Blog Ini

Sabtu, 17 Oktober 2020

PEDULI YATIM PITU DAN FAKIR MISKIN WUJUD KECINTAAN KEPADA ROSULULLOH SAW

sukseskan santunan nasional 2020

Dalam rangka memperingati maulid nabi besar Muhammad SAW warga Thoriqoh Shiddiqiyyah se Kabupaten Gresik akan mengadakan Santunan Nasional Ke- XVI Tahun 2020. Santunan Nasional ini akan dipusatkan di Dusun Lemahputih Desa Pasinan Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Pelaksana kegiatan Santunan Nasional ini dikoordinasikan oleh organisasi Dhilal Berkat Rohmat Allah (disingkat Dhibra) Daerah Kabupaten Gresik.

Statistik Data Santunan Nasional XV

Acara yang sama pada Tahun lalu 2019 dipusatkan di Desa Sirnoboyo Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Data statistik tahun lalu jumlah yang disantuni sebanyak 322 orang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Gresik. Jumlah dana yang terkumpul dari partisipasi Warga Thoriqoh Shiddiqiyyah Kabupaten Gresik sebanyak Rp. 47.770.000,-.  

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Desa Sirnoboyo Ibu Sumiati, S.Pd. Dalam sambutannya Bu Kades sangat mengapresiasi kegiatan santunan tersebut. Kepedulian warga Thoriqoh Shiddiqiyyah terhadap sesama manusia yang membutuhkan perlindungan dan uluran tangan patut diteladani oleh siapa saja, sambung Bu Kades.

Dalam Santunan Nasional kali ini ada yang berbeda dimana santunan kali ini dilaksanakan disaat Bangsa Indonesia tengah menghadapi wabah pandemi covid-19. Panitia Santunan Nasional mengajukan pemberitahuan kepada Muspika Kecamatan Wringinanom sekaligus mohon petunjuk apakah kegiatan santunan ini bisa dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. 

Koordinator acara Nue Cholik, S.Pd yang kebetulan menjabat Sekdes Desa Pasinan berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas setempat, Alhamdulillah dengan mengucap syukur kepada Allah SWT acara santunan diperbolehkan untuk dilaksanakan dengan syarat panitia wajib menerapkan disiplin protokol kesehatan, diantaranya :

  1. Semua yang hadir wajib menggunakan masker
  2. Menjaga jarak (social distancing) minimal 1 meter)
  3. Panitia menyiapkan tempat air untuk cuci tangan dan sabun
  4. Panitia menyediakan handsanitizer
  5. Panitia menyediakan thermogun, untuk mengukur suhu tubuh 

Kegiatan Santunan Nasional ini diadakan tiap tahun serentak di Seluruh Indonesia sebagi wujud syukur atas nikmat kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW dan menyukuri Hari Ulang Tahun Dhilal Berkat Rohmat Allah (Dhibra). Kegiatan ini serentak dilaksanakan pada tanggal  17 Robi'ul Awal 1442 Hijriyyah bertepatan dengan Hari Selasa, Tanggal 3 November 2020 Masehi.

Rosululloh SAW bersabda : "Barangsiapa mengagungkan hari kelahiranku, niscaya aku akan memberi syafaat kepadanya kelak pada hari kiamat, dan barang siapa menginfaqkan satu dirham di dalam menghormati kelahiranku, maka seakan-akan telah mendermakan satu gunung emas di dalam perjuangan fi sabilillah".

Dokumentasi Foto Kegiatan Santunan Nasional XV di Desa Sirnoboyo
Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik
16 November 2019

Jamaah sejak pagi sudah mulai memadati halaman Baitul Ghufron
Desa Sirnoboyo - Benjeng - Gresik

Hadir Bapak Khalifah Shiddiqiyyah

Kepala Desa Sirnoboyo, Ibu Sumiati, S.Pd

Maidlotul Hasanah

Doa Santunan

Prosesi Santunan Nasional

Bu Lurah bersama penerima santunan

Ketua Dhibra Daerah Bapak Catur Winardi

Penyerahan Santuan oleh Ketua YPS Cab. Gresik Bpk. Hanief Junaidi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA   DOA BERSAMA LINTAS AGAMA   JILID I PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANU...